Tips Seo Untuk Blogger

Tips Seo Pada Search Engine Tips Seo Pada Search Engine ada beberapa cara dan itu akan saya ungkapkan yang gunanya untuk membuat blog kita bisa bersaing pada :
Search Engine Optimization adalah kumpulan teknik dan proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju suatu situs/website tertentu dengan cara mengoptimalkan aspek internal dan eksternal pada situs/website tersebut. Dimana SEO akan menggunakan informasi tentang kata kunci, sehingga kita dapat melakukan optimasi terhadap website/situs agar menempati daftar pencarian teratas pada mesin pencari yang nantinya akan meningkatkan trafik kunjungan pada website.
Tips SEO memanfaatkan cara kerja sebuah search engine dalam menampilkan halaman hasil pencariannya kepada pengunjung. Dimana search engine menggunakan 2 hal dalam menampilkan hasil di halaman pencarian yakni :
  • Relevance, merupakan derajat dimana isi dokumen yang ditemukan dalam pencarian cocok/relevan pada permintaaan query dari user.Relevansi sebuah dokumen akan meningkat jika muncul beberapa kali dan ditampilkan pada judul atau subheader.
  • Popularity, adalah cara mengukur pentingnya suatu dokumen mengacu pada dokumen lain yang menjadi referensinya.Popularity akan meningkat sejalan dengan makin banyaknya dokumen yang menjadi referensinya.
Apa saja komponen SEO
Komponen SEO meliputi 2 aspek yakni internal dan eksternal.Aspek internal adalah bagaimana cara mengoptimasikan sebuah website dari dalam website itu sendiri.Sedangkan aspek eksternal merupakan teknik mengoptimasikan website dari luar website.
Untuk aspek internal meliputi :
  • Memilih kata kunci ini merupakan langkah awal sebelum langkah lainnya dilakukan. Dengan mengetahui kata kunci apa yang akan di jadikan target, maka segala aktivitas SEO akan mengarah pada kata kunci ini. Dalam memilih kata kunci hal yang perlu diperhatikan adalah :
    1. Kesesuaian kata kunci dengan isi konten website
    2. Gunakan 2-3 kata dalam membangun kata kunci
    3. Mencari tingkat popularitas yang tinggi
    4. Mencari tingkat persaingan di search engine yang rendah
    5. Gunakan kata kunci yang mudah di ingat sebagai branding produk website anda.
  • Judul dan deskripsi web merupakan bagian teratas yang berada dalam sebuah website.Optimasi ini dilakukan agar mesin pencari dapat mendeskripsikan apa dan bagaimana gambaran website tersebut.
  • Hyperlink atau tautan merupakan tautan yang ada didalam website tersebut.Ketika website kita menautkan kepada link eksternal yang berkualitas maka tingkat relevansinya juga naik.
  • Isi konten merupakan isi dari sebua website tersebut.Dimana isi ini merupakan komponen terbesar ketika terindex oleh search engine.
  • Gambar merupakan bagian dari konten dimana secara default gambar tidak terdeteksi oleh Search Engine sehingga diperlukan teknik khusus dalam mengoptimasikannya.
  • Sitemap merupakan peta dari sebuah website.Ketika sebuah website terdapat sitemap hal itu akan memudahkannya dalam menelusuri konten-konten apa saja yang ada dalam website tersebut.
  • Permalink merupakan URL address yang akan diakses oleh pengunjung menuju halaman tertentu.Dan search engine juga akan melihat dan memperhitungkan permalink ini.
Untuk aspek eksternal meliputi :
  • Kualitas backlink: Backlink merupakan tautan yang mengacu ke dalam website kita. Dengan adanya backlink maka popularitas sebuah web akan naik.
  • Kualitas relevansi: merupakan cara bagaimana mempublish konten yang relevan ke dalam berbagai macam situs direktori maupun situs-situs lainnya yang sesuai dengan tema sebuah website.
Hubungan SEO dengan trafik web
Tips Seo Pada Search Engine dapat digunakan dalam meningkatkan trafik web.Hal itu berdasar pada masih banyaknya penguna internet yang menggunakan jasa search engine dalam menemukan beragam informasi yang ada di internet. Jika seseorang memasukkan kata kunci dalam search engine, kemudian muncullah berbagai macam hasil informasi yang ditampilkan oleh search engine.Namun, tidak semua hasil tersebut akan ditelusuri oleh para pencari informasi, biasanya pengunjung akan melihat halaman 1 dan 2 saja, kemudian akan diganti dengan kata kunci lain jika tidak menemukan referensi yang dia maksud.
Sehingga jika setiap hasil kata pencarian website kita berada dalam halaman 1 saja, maka sudah diprediksi akan di kunjungi oleh user tersebut.Namun untuk dapat menaikkan trafik bukan hanya berada dalam halaman 1 saja, namun akan lebih signifikan jika berada dalam halaman 1 dengan kata kunci yang banyak dicari orang.Itulah SEO yang dimaksud dalam menaikkan tarfik web.
SEO juga bukan merupakan cara instan untuk mendapatkan trafik web, namun SEO merupakan teknik yang terstruktur dan kontinu.Untuk bisa mendapatkan jumlah trafik yang stabil Teknik SEO senantiasa di perbaiki dan di evaluasi setiap ada penurunan trafik.
Itulah "Rahasia" Tips Seo Pada Search Engine.
 
Top