Tips Seo Untuk Blogger

2
Cara Mengobati Penyakit Insomnia
Cara Mengobati Penyakit Insomnia.
Insomnia Gejala dan Cara Mengatasinya-Bagi kita yang sering online dan nongkrong dimuka komputer atau laptop tidak jarang ada yang sampai pagi dan itu bisa dikatakan kita mengalami Gejala Insomnia atau susah tidur.Dan bukan hanya online saja yang bisa menyebabkan kita begadang tapi ada juga yang nonton televisi hingga sampai pagi sekali.

Gejala insomnia adalah susahnya seorang individu untuk jatuh ke dalam tidur sehingga terjadi peningkatan waktu antara tidur.Sulitnya mempertahankan tidur dan tidak dapat tidur secukupnya mengakibatkan seorang pasien terbangun sebelum dia mendapatkan tidur yang cukup.Gangguan dari siklus tidur dapat disebabkan oleh irama sikardian atau gannguan dalam irama tidur bangun yang terganggu karena jet lag atau pekerjaan.

Hypersomnia atau tidur yang berlebih adalah gejala dari kurangnya kualitas dari tidur seseorang sehingga seringkali dibutuhkan waktu tidur yang lebih lama dari normal.Beberapa gejala lain dari gangguan tidur adalah tidur berjalan atau sonambulisme dan mimpi buruk atau nightmares.

Buku Cara Mengatasi Penyakit Insomnia karangan Dheavy Aulia Cahya Dewi Modelling Banjarmasin terbitan tahun 1984 memberikan daftar untuk mendiagnosis masalah tidur kita mungkin memiliki masalah tidur jika beberapa dari hal hal berikut terjadi pada kita berikut penjelasannya:
  1. Merasa lelah dan tertekan pada waktu pagi hari atau malam hari.
  2.  Memiliki lingkaran gelap dan membengkak di sekitar mata.
  3.  Jatuh tertidur di pesta atau setelah makan malam di rumah orang.
  4.  Kurang aktif dan memiliki sedikit hubungan sosial.
  5.  Merasa seperti kehilangan fokus perhatian yang membuat anda tidak dapat merespon rangsangan dari luar dan membuat anda sensitif terhadap hal lainnya.
  6.  Sangat sensitif terhadap rangsangan internal seperti sakit perut maag atau kejang kejang.Sering tidak dapat tidur tidur tidak nyenyak ataupun bangun terlalu dini.
  7.  Takut menghadapi malam hari karena kita susah tidur.
  8.  Mudah tersinggung atas hal hal yang tidak penting.
  9.  Mengkonsumsi obat obat tidur dalam beberapa bulan terakhir.
  10.  Menggunakan rokok alkohol atau obat obatan untuk menenangkan diri dan membantu anda untuk tidur. 
  11.  Kecanduan obat obatan terutama yang mengandung zat penenang.
  12.  Jika ada salah satu dari sejumlah daftar tersebut terjadi pada kita maka dapat dipastikan kita telah mengalami masalah dalam tidur.
Gangguan tidur insomnia merupakan gangguan yang belum serius jika mengalaminya kurang dari sepuluh hari.Untuk mengatasi gangguan ini kita dapat menggunakan teknik teknik relaksasi dan pemrograman bawah sadar.Dan yang sangat penting kita harus dapat menjaga keseimbangan frekuensi gelombang otak agar sesering mungkin berada dalam kondisi relaks dan meditatif sehingga ketika kita harus tidur kita tidak mengalami kesulitan untuk menurunkan gelombang otak ke frekuensi delta.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah gangguan tidur ini antara lain:
  • Berolah raga teratur.
Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur.Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga kesehatan kita menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
  • Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur.
Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan sering ke belakang untuk buang air kecil Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur kita.
  • Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman.
Saat tidur matikan lampu matikan hal hal yang menimbulkan suara pastikan nyaman dengan suhu ruangan tidur.Jauhkan jam meja dari pandangan karena benda itu dapat membuat kita cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
  • Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat kita terjaga seperti teh kopi alkohol dan rokok.Hal hal tersebut akan menyebabkan terjaga yang tentu saja tidak kita perlukan bila ingin tidur.
  • Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur.Bila tersedia tambahkan dengan segelas susu hangat low fat.
  • Mandilah dengan air hangat 30 menit atau satu jam sebelum tidur.Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur Selain itu mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
  • Hentikan menonton televisi membaca buku setidaknya satu jam sebelum tidur.
Gunakanlah tempat tidur kita khusus hanya untuk tidur hal ini akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur.Saat kita berbaring di tempat tidur maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

* Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin.
Mendengarkan musik melatih pernafasan meditasi dan lain-lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih santai.Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.

*Jernihkan pikiran Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran.Salah satu cara untuk ini adalah dengan menuliskan semua pikiran kita lewat media blog.

*Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari.Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur selanjutnya.

Nah itulah dulu yang bisa saya share kali ini moga saja ini bisa menjadi pengetahuan kita semua tentang Insomnia Gejala dan Cara Mengatasinya.

Post a Comment

 
Top